Kelompok 10 :
- Dehby Widya Dewi C1C014018
- Destiana Nur Azizah C1C014044
- Ratih Wijayanti C1C014069
- Selin Setiana C1C014067
- Maemunah C1C014058
1. What concepts in the chapter are illustrated in this
case?
E-commerce
Business Model.
E-commerce
telah menjadi sebuah pasar baru yang sangat luar biasa, bahkan para ahli
memperkirakan memiliki pangsa pasar 15-20% dari total penjualan ritel di
seluruh US. Disamping itu jenis bisnis e-commerce
yang semula adalah berupa “special store”
yang hanya menjual jenis item tertentu (misal: Amazon.com mulanya hanya menjual
buku), kini sudah bergerak kearah bisnis ritel yang menawarkan berbagai macam
jenis produk seperti halnya department
store. Namun keberhasilan Amazon.com ini, bukan dikarenakan ia adalah
pelopor bisnis ritel online, namun
karena keberhasilannya dalam mengelola operasi rantai nilai, namun posisi
pemimpin dalam ritel online ini
terancam karena Walmart mulai memasuki bisnis ritel online, seperti yang kita ketahui bahwa Walmart adalah bisnis ritel
dengan pengelolaan operasi rantai nilai yang sangat hebat di pasar
konvensional, bahkan karena efisiensinya ini, Walmart memiliki program “Everyday is Low Price” yang mana tidak
mampu disaingi oleh para pesaingnya di bidang ritel ini.
2. Analyze Amazon.com and Walmart.com using the value
chain and competitive forces models.
AKTIVITAS
UTAMA
·
INBOUND
LOGISTIK
Menerima
bahan baku dari pemasok, dan menyimpan serta memindah bahan baku tersebut.
·
KEGIATAN
OPERASIONAL
Mengolah
bahan baku menjadi produk.
·
OUTBOND
LOGISTIK
Mengirim
produk ke penjual grosir, eceran atau langsung ke pelanggan.
·
PEMASARAN DAN
PENJUALAN
Pemasaran
terlibat dalam memahami kebutuhan pelanggan, mengkomunikasikan
kebutuhan-kebutuhan tersebut, mempromosikan produk akhir.
·
PELAYANAN
Melibatkan
dukungan setelah penjualan (seperti perawatan, komplain, pemasangan, pelatihan)
AKTIVITAS
PENDUKUNG
·
PROCUREMENT
Membeli
bahan mentah dan bahan-bahan lainya yang digunakan untuk proses produksi.
·
MANAGEMEN SDM
Merekrut,
menyewa, memecat, melatih, mengembangkan, dan mengganti.
·
PENGEMBANGAN
TEKNOLOGI
Meneliti
dan mengembangkan , otomatisasi proses, software,
hardware, peralatan dll untuk proses operasi.
·
INFRASTRUKTUR
Bisa
termasuk akuntansi, keuangan, perencanaan, hubungan pemerintah, jaminan
kualitas dan manajemen umum.
KELEBIHAN
·
Infrastruktur
teknologi yang kuat dengan satu atap (single
platform)
·
Investasi yang
tinggi dalam pengembangan teknologi untuk pengaruh produk digital terbaik
·
Sistem peramalan
produk yang baik
·
Mengumpulkan
pendapat-pendapat pada produk baru secara berkelanjutan
·
Sistem
pembayaran yang mudah dan cepat
·
Operasi 24 jam
·
Bebas retur
dalam 30 hari
NILAI
RANTAI WALMART
KEGIATAN PENDUKUNG
·
Infrastruktur
Firma: Terdapat 2485 toko Walmart, terdiri dari 682 toko utama, 457 Sam’s club,
5 pasar tetangga Walmart,
dan 1007 unit yang ada di dunia.
·
Manajemen SDM:
Karyawan didorong untuk berkomunikasi secara terbuka, mengemukaan ide-ide baru,
mengambil resiko, bekerja untuk hasil yang baik dan bersenang-senang. Karyawan
mendapatkan upah
yang kompetitif dan keuntungan yang komprehensif.
·
Pengembangan
Teknologi: Membangun sistem satelit komunikasi sendiri pada 1983. Electronic Data Interchange (EDI).
·
Procurement: Mengurangi
biaya pembelian serendah mungkin yang dapat menawarkan harga terbaik untuk
pelanggan.
KEGIATAN
UTAMA
·
Inbound
Logistik: Pemasok, merupakan pendiri Walmart. Walmart bisa menawar harga terrendah
karena tingginya volume penjualan.
·
Operasi: terbagi
menjadi 3 segmen bisnis, yaitu Walmart
Stores, Sam’s Clubs, Walmart
Internasional
·
Pemasaran dan
Penjualan: Karyawan menggunakan kerah biru sebagai identitas mereka. Seorang
karyawan toko mengikuti pelanggan ke mobil mereka untuk menaruh belanjaan
pelanggan. Pelanggan disambut di pintu oleh “People greeter”.
·
Service:
jam buka dari 7 pagi sampai 11 malam, 6 hari dalam seminggu, dan pada hari
minggu buka dari jam 10 pagi sampai 8 malam.
KELEBIHAN
·
Kecakapan
Distribusi: distribusi yang efisien, keunggulan dari pemusatan distribusi
sendiri, dan lokasi yang strategis.
·
Hubungan kerja
dengan pemasok: menggunakan IT dan memperlakukan mereka dengan baik dalam
penentuan harga, mereka tidak hanya sekedar hubungan bisnis tetapi partner yang
baik.
·
Budaya Paksaan
kerja: paksaan kerja memotivasi melalui partisipasi dalam kedermawanan dan
percaya pada budaya Walmart.
·
EDLP:
Mempertahankan “Harga Rendah Setiap Hari”.
3. What are the management, organization, and technology
factors that have contributed to the success of both Walmart and Amazon.com?
Amazon.com.com
merupakan suatu perusahaan toko buku online kecil. Tetapi dengan melihat pangsa
pasar yang begitu luas akhirnya Amazon.com menyediakan penjualan berbagai kategori barang misalnya seperti barang-barang elektronik,
pakaian, perhiasan, peralatan rumah tangga, aplikasi Android, DVD, download
musik, peralatan olahraga, dan banyak lainnya.
Amazon.com
saat ini juga mengembangkan aplikasi mobile mengingat baanyaknya jumlah pengguna layanan smartphone baik iPhone maupun
Android. Satu hal lagi yang dikembangkan oleh Amazon.com.com adalah kemudahan
dalam transaksi pembayaran mengingat banyaknya pelanggan yang tidak mempunyai credit card. Saat ini pelanggan dapat
lebih mudah melakukan pembayaran menggunakan Gift Cards, Coins, dan Coupon. Keunggulan Amazon.com selain membuat
pelanggan untuk berbelanja dengan mudah yaitu dalam prosesnya memotong biaya
penjualan yang sangat tajam. Amazon.com menggunakan teknologi penyaringan
kolaboratif yaitu memungkinkan mereka mengusulkan judul judul lain kepada
pelanggan berdasarkan pengalaman pelanggan lain dengan selera yang sama.
Keunggulan lain yaitu menekan biaya inventory dengan cara
persediaan buku dari penerbit baru tiba jika ada pemesan pelanggan.
Sedangkan Walmart
menerapkan strategi bisnis dengan menetapkan harga yang murah, dan Walmart
memiliki fleksibilitas untuk menawarkan pada setiap item yang ditawarkan karena
adanya ukuran dan kemampuan untuk menjaga biaya overhead agar minimum. Walmart juga memiliki kehadiran fisik yang
cukup berarti, dengan toko-toko di seluruh Amerika Serikat dan di banyak negara
lain, dan toko-toko yang menyediakan kepuasan instan dari belanja, membeli
item, serta membawa pulang segera, sebagai lawan ketika menunggu memesan dari Amazon.com.
Kesuksesan
toko di Amerika adalah lantaran ia mampu menerapkan ide-ide, membuat sistem
manajemen yang baik, dan mengatur sistem toko-toko tersebut sedemikian rupa
sehingga bisa berjalan dengan sendirinya. Inilah yang merupakan dasar sejarah
Walmart, yang kemudian menjadi ritel
terbesar dunia. Jumlah karyawan Walmart menjadi
saksi betapa tingginya pertambahan jumlah karyawan dan kenaikan laba bersih.
Penjualan meningkat hingga 44,2 juta dollar AS yang membuat banyak entrepreneur
merasa tersihir dengan potensi besar dunia ritel.
Faktor lain yang membuat Amazon.com
semakin bertambah besar adalah dengan metode membuka kesempatan bagi siapa saja
untuk menjalankan jaringan program afiliasinya, metode ini secara tidak langsung
menjadi sarana promosi Amazon,com dimana-mana dan berhasil secara efektif. RFID
memungkinkan Walmart untuk meningkatkan eisiensi manajemen rantai pasokan global melalui
visibilitas rantai suplai yang lebih besar dan keputusan yang memesan lebih
akurat. Just In Time (JIT) memesan
memungkinkan Walmart untuk mengurangi biaya yang berkaitan dengan keputusan
persediaan yang tidak efisien
dan penanganan.
Oleh karena
itu manajemen organisasi dan faktor teknologi telah memberikan kontribusi yang
besar bagi kedua perusahaan besar tersebut. Faktor-faktor tersebut berpengaruh
penting untuk menjalankan strategi suatu bisnis. Dengan adanya ide-ide dan
teknologi yang baru serta manajemen yang baik akan menghasilkan suatu
perusahaan yang berhasil.
4. Compare Walmart’s and Amazon.com’s e-commerce business
models. Which is stronger? Explain your answer.
Walmart:
·
Mengaplikasikan sistem informasi pergudangan.
·
Komputerisasi.
·
Manufaktur.
·
Penjualan dan pemrosesan pesanan online.
·
Manajemen hubungan pelanggan dan pemasok.
·
Pendistribusian barang yang efisien.
·
Memiliki inovasi.
·
Mendominasi pasar retail hingga ke pasar global.
Amazon.com:
·
Memberikan berbagai macam pilihan produk dan informasi
mengenai produk sehingga kita dapat membandingkan baik dari segi harga, kualitas
maupun testimonial dari orang-orang yang membeli produk tersebut.
·
Pelayanan yang ekslusif sehingga pelanggan mendapatkan
kenyamanan.
·
Adanya sistem penyimpanan data suatu produk yang
pernah dibeli oleh pelanggannya.
·
Adanya rekomendasi kepada pelanggan terhadap barang
yang pernah dibeli serta barang-barang yang terkait.
·
Lebih efisien dan efektif ; menghemat waktu serta
biaya.Pelanggan cukup duduk di depan komputer dan berbelanja dari rumah.
Dengan membandingkan Kelemahan dan Kelebihan, serta
Peluang dan Ancaman antara Walmart dan Amazon.com, menurut pendapat kami
Amazon.com
yang lebih kuat dalam model
bisnis e-commerce, karena Amazon.com
dikenal sebagai “Walmart online”, dan Amazon.com memiliki nilai sebagai pencetus penjualan
retail online. Selain itu mereka
selalu
membuat
inovatif baru secara terus
menerus serta lebih efektif dan efisien mengingat beberapa sistem yang
diterapkan yang sangat memudahkan para pelanggan dalam berbelanja. Pelanggan
tidak direpotkan dalam pencarian barang-barang yang di kehendakinya. Sebagai
contoh, Amazon.com
saat ini juga mengembangkan aplikasi mobile
mengingat banyaknya jumlah
pengguna layanan smartphone baik iPhone maupun Android. Teknologi profiling Amazon.com
aktif untuk merekomendasikan buku berdasarkan sejarah pembelian sebelumnya dan
apa yang dibeli dan dibaca oleh pelanggan
lain. Bahkan saat ini, perusahaan
berusaha untuk mempertahankan komitmen pendirian mereka untuk kepuasan
pelanggan dan memberikan
pengalaman belanja yang
mendidik
dan menginspirasi.
5. Where would you prefer to make your Internet
purchases? Amazon.com or Walmart.com? Why?
Pada Walmart karena tampilan pada website atau laman Walmart.com
lebih menarik dibandingkan dengan Amazon.com. Banyak kategori pada laman Walmart
sehingga memudahkan pembeli untuk mencari barang yang akan di beli. Dalam sisi
harga Walmart lebih unggul di bandingkan dengan Amazon.com karena harga barang
pada Walmart lebih rendah dibandingkan dengan harga barang pada Amazon.com.
Misal pada walmart barang X harganya sebesar $12.99 sedangkan pada Amazon.com
harganya $13.
Referensi
Referensi
Ebook
Kenneth C. Laudon and Jabe P. Laudon. 2012. Management
Information System: Managing The Digital Firm Tweleft Edition.
http://ratnasaridewi44gmailcom.blogspot.co.id/2011/09/study-kasus-amazon-vs-walmart.html
diakses pada Senin, 15 Mei 2016 pukul 18.34 WIB.
http://cutnisna.blogspot.co.id/2011/09/studi-kasus-chapter-9-cut-yunisna.html
diakses pada Senin, 15 Mei 2016 pukul 19.02 WIB.
http://underground-paper.blogspot.co.id/2014/09/amazon-vs-walmart-raksasa-mana-yang_29.html
diakses pada Senin, 15 Mei 2016 pukul 19.11 WIB.
http://id4.ilovetranslation.com/ngCnwQwPHal=d/ diakses pada Senin, 15 Mei 2016 pukul 20.04
WIB.
No comments:
Post a Comment