Translate here


Breaking News

Wednesday, May 18, 2016

Case Study Amazon VS Walmart Chapter 10 E Commerce : Digital Market, Digital Goods

Kelompok 10 :
  • Dehby Widya Dewi C1C014018
  • Destiana Nur Azizah C1C014044
  • Ratih Wijayanti C1C014069
  • Selin Setiana  C1C014067
  • Maemunah C1C014058

1.      What concepts in the chapter are illustrated in this case?
E-commerce Business Model.
E-commerce telah menjadi sebuah pasar baru yang sangat luar biasa, bahkan para ahli memperkirakan memiliki pangsa pasar 15-20% dari total penjualan ritel di seluruh US. Disamping itu jenis bisnis e-commerce yang semula adalah berupa “special store” yang hanya menjual jenis item tertentu (misal: Amazon.com mulanya hanya menjual buku), kini sudah bergerak kearah bisnis ritel yang menawarkan berbagai macam jenis produk seperti halnya department store. Namun keberhasilan Amazon.com ini, bukan dikarenakan ia adalah pelopor bisnis ritel online, namun karena keberhasilannya dalam mengelola operasi rantai nilai, namun posisi pemimpin dalam ritel online ini terancam karena Walmart mulai memasuki bisnis ritel online, seperti yang kita ketahui bahwa Walmart adalah bisnis ritel dengan pengelolaan operasi rantai nilai yang sangat hebat di pasar konvensional, bahkan karena efisiensinya ini, Walmart memiliki program “Everyday is Low Price” yang mana tidak mampu disaingi oleh para pesaingnya di bidang ritel ini.

2.      Analyze Amazon.com and Walmart.com using the value chain and competitive forces models.


AKTIVITAS UTAMA
·         INBOUND LOGISTIK
Menerima bahan baku dari pemasok, dan menyimpan serta memindah bahan baku tersebut.
·         KEGIATAN OPERASIONAL
Mengolah bahan baku menjadi produk.
·         OUTBOND LOGISTIK
Mengirim produk ke penjual grosir, eceran atau langsung ke pelanggan.
·         PEMASARAN DAN PENJUALAN
Pemasaran terlibat dalam memahami kebutuhan pelanggan, mengkomunikasikan kebutuhan-kebutuhan tersebut, mempromosikan produk akhir.
·         PELAYANAN
Melibatkan dukungan setelah penjualan (seperti perawatan, komplain, pemasangan, pelatihan)
AKTIVITAS PENDUKUNG
·         PROCUREMENT
Membeli bahan mentah dan bahan-bahan lainya yang digunakan untuk proses produksi.
·         MANAGEMEN SDM
Merekrut, menyewa, memecat, melatih, mengembangkan, dan mengganti.
·         PENGEMBANGAN TEKNOLOGI
Meneliti dan mengembangkan , otomatisasi proses, software, hardware, peralatan dll untuk proses operasi.
·         INFRASTRUKTUR
Bisa termasuk akuntansi, keuangan, perencanaan, hubungan pemerintah, jaminan kualitas dan manajemen umum.
KELEBIHAN
·         Infrastruktur teknologi yang kuat dengan satu atap (single platform)
·         Investasi yang tinggi dalam pengembangan teknologi untuk pengaruh produk digital terbaik
·         Sistem peramalan produk yang baik
·         Mengumpulkan pendapat-pendapat pada produk baru secara berkelanjutan
·         Sistem pembayaran yang mudah dan cepat
·         Operasi 24 jam
·         Bebas retur dalam 30 hari

NILAI RANTAI WALMART



KEGIATAN PENDUKUNG
·         Infrastruktur Firma: Terdapat 2485 toko Walmart, terdiri dari 682 toko utama, 457 Sam’s club, 5 pasar tetangga Walmart, dan 1007 unit yang ada di dunia.
·         Manajemen SDM: Karyawan didorong untuk berkomunikasi secara terbuka, mengemukaan ide-ide baru, mengambil resiko, bekerja untuk hasil yang baik dan bersenang-senang. Karyawan mendapatkan upah yang kompetitif dan keuntungan yang komprehensif.
·         Pengembangan Teknologi: Membangun sistem satelit komunikasi sendiri pada 1983. Electronic Data Interchange (EDI).
·         Procurement: Mengurangi biaya pembelian serendah mungkin yang dapat menawarkan harga terbaik untuk pelanggan.
KEGIATAN UTAMA
·         Inbound Logistik: Pemasok, merupakan pendiri Walmart. Walmart bisa menawar harga terrendah karena tingginya volume penjualan.
·         Operasi: terbagi menjadi 3 segmen bisnis, yaitu Walmart Stores, Sam’s Clubs, Walmart Internasional
·         Pemasaran dan Penjualan: Karyawan menggunakan kerah biru sebagai identitas mereka. Seorang karyawan toko mengikuti pelanggan ke mobil mereka untuk menaruh belanjaan pelanggan. Pelanggan disambut di pintu oleh “People greeter”.
·         Service: jam buka dari 7 pagi sampai 11 malam, 6 hari dalam seminggu, dan pada hari minggu buka dari jam 10 pagi sampai 8 malam.
KELEBIHAN
·         Kecakapan Distribusi: distribusi yang efisien, keunggulan dari pemusatan distribusi sendiri, dan lokasi yang strategis.
·         Hubungan kerja dengan pemasok: menggunakan IT dan memperlakukan mereka dengan baik dalam penentuan harga, mereka tidak hanya sekedar hubungan bisnis tetapi partner yang baik.
·         Budaya Paksaan kerja: paksaan kerja memotivasi melalui partisipasi dalam kedermawanan dan percaya pada budaya Walmart.
·         EDLP: Mempertahankan “Harga Rendah Setiap Hari”.

3.      What are the management, organization, and technology factors that have contributed to the success of both Walmart and Amazon.com?
Amazon.com.com merupakan suatu perusahaan toko buku online kecil. Tetapi dengan melihat pangsa pasar yang begitu luas akhirnya Amazon.com menyediakan penjualan berbagai kategori barang misalnya seperti barang-barang elektronik, pakaian, perhiasan, peralatan rumah tangga, aplikasi Android, DVD, download musik, peralatan olahraga, dan banyak lainnya.
Amazon.com saat ini juga mengembangkan aplikasi mobile mengingat baanyaknya jumlah pengguna layanan smartphone baik iPhone maupun Android. Satu hal lagi yang dikembangkan oleh Amazon.com.com adalah kemudahan dalam transaksi pembayaran mengingat banyaknya pelanggan yang tidak mempunyai credit card. Saat ini pelanggan dapat lebih mudah melakukan pembayaran menggunakan Gift Cards, Coins, dan Coupon. Keunggulan Amazon.com selain membuat pelanggan untuk berbelanja dengan mudah yaitu dalam prosesnya memotong biaya penjualan yang sangat tajam. Amazon.com menggunakan teknologi penyaringan kolaboratif yaitu memungkinkan mereka mengusulkan judul judul lain kepada pelanggan berdasarkan pengalaman pelanggan lain dengan selera yang sama. Keunggulan lain yaitu menekan biaya inventory dengan cara persediaan buku dari penerbit baru tiba jika ada pemesan pelanggan.
Sedangkan Walmart menerapkan strategi bisnis dengan menetapkan harga yang murah, dan Walmart memiliki fleksibilitas untuk menawarkan pada setiap item yang ditawarkan karena adanya ukuran dan kemampuan untuk menjaga biaya overhead agar minimum. Walmart juga memiliki kehadiran fisik yang cukup berarti, dengan toko-toko di seluruh Amerika Serikat dan di banyak negara lain, dan toko-toko yang menyediakan kepuasan instan dari belanja, membeli item, serta membawa pulang segera, sebagai lawan ketika menunggu memesan dari Amazon.com. Kesuksesan toko di Amerika adalah lantaran ia mampu menerapkan ide-ide, membuat sistem manajemen yang baik, dan mengatur sistem toko-toko tersebut sedemikian rupa sehingga bisa berjalan dengan sendirinya. Inilah yang merupakan dasar sejarah Walmart, yang kemudian menjadi ritel terbesar dunia. Jumlah karyawan Walmart menjadi saksi betapa tingginya pertambahan jumlah karyawan dan kenaikan laba bersih. Penjualan meningkat hingga 44,2 juta dollar AS yang membuat banyak entrepreneur merasa tersihir dengan potensi besar dunia ritel.
Faktor lain yang membuat Amazon.com semakin bertambah besar adalah dengan metode membuka kesempatan bagi siapa saja untuk menjalankan jaringan program afiliasinya, metode ini secara tidak langsung menjadi sarana promosi Amazon,com dimana-mana dan berhasil secara efektif. RFID memungkinkan Walmart untuk meningkatkan e􀏐isiensi manajemen rantai pasokan global melalui visibilitas rantai suplai yang lebih besar dan keputusan yang memesan lebih akurat. Just In Time (JIT) memesan memungkinkan Walmart untuk mengurangi biaya yang berkaitan dengan keputusan persediaan yang tidak efisien dan penanganan.
Oleh karena itu manajemen organisasi dan faktor teknologi telah memberikan kontribusi yang besar bagi kedua perusahaan besar tersebut. Faktor-faktor tersebut berpengaruh penting untuk menjalankan strategi suatu bisnis. Dengan adanya ide-ide dan teknologi yang baru serta manajemen yang baik akan menghasilkan suatu perusahaan yang berhasil.

4.      Compare Walmart’s and Amazon.com’s e-commerce business models. Which is stronger? Explain your answer.
Walmart:
·         Mengaplikasikan sistem informasi pergudangan.
·         Komputerisasi.
·         Manufaktur.
·         Penjualan dan pemrosesan pesanan online.
·         Manajemen hubungan pelanggan dan pemasok.
·         Pendistribusian barang yang efisien.
·         Memiliki inovasi.
·         Mendominasi pasar retail hingga ke pasar global.

Amazon.com:
·         Memberikan berbagai macam pilihan produk dan informasi mengenai produk sehingga kita dapat membandingkan baik dari segi harga, kualitas maupun testimonial dari orang-orang yang membeli produk tersebut.
·         Pelayanan yang ekslusif sehingga pelanggan mendapatkan kenyamanan.
·         Adanya sistem penyimpanan data suatu produk yang pernah dibeli oleh pelanggannya.
·         Adanya rekomendasi kepada pelanggan terhadap barang yang pernah dibeli serta barang-barang yang terkait.
·         Lebih efisien dan efektif ; menghemat waktu serta biaya.Pelanggan cukup duduk di depan komputer dan berbelanja dari rumah.
Dengan membandingkan Kelemahan dan Kelebihan, serta Peluang dan Ancaman antara Walmart dan Amazon.com, menurut pendapat kami Amazon.com yang lebih kuat dalam model bisnis e-commerce, karena Amazon.com dikenal sebagai “Walmart online, dan Amazon.com memiliki nilai sebagai pencetus penjualan retail online. Selain itu mereka selalu membuat inovatif baru secara terus menerus serta lebih efektif dan efisien mengingat beberapa sistem yang diterapkan yang sangat memudahkan para pelanggan dalam berbelanja. Pelanggan tidak direpotkan dalam pencarian barang-barang yang di kehendakinya. Sebagai contoh, Amazon.com saat ini juga mengembangkan aplikasi mobile mengingat banyaknya jumlah pengguna layanan smartphone baik iPhone maupun Android. Teknologi profiling Amazon.com aktif untuk merekomendasikan buku berdasarkan sejarah pembelian sebelumnya dan apa yang dibeli dan dibaca oleh pelanggan lain. Bahkan saat ini, perusahaan berusaha untuk mempertahankan komitmen pendirian mereka untuk kepuasan pelanggan dan memberikan pengalaman belanja yang mendidik dan menginspirasi.

5.      Where would you prefer to make your Internet purchases? Amazon.com or Walmart.com? Why?
Pada Walmart karena tampilan pada website atau laman Walmart.com lebih menarik dibandingkan dengan Amazon.com. Banyak kategori pada laman Walmart sehingga memudahkan pembeli untuk mencari barang yang akan di beli. Dalam sisi harga Walmart lebih unggul di bandingkan dengan Amazon.com karena harga barang pada Walmart lebih rendah dibandingkan dengan harga barang pada Amazon.com. Misal pada walmart barang X harganya sebesar $12.99 sedangkan pada Amazon.com harganya $13. 


Referensi
Ebook Kenneth C. Laudon and Jabe P. Laudon. 2012. Management Information System: Managing The Digital Firm Tweleft Edition.

http://id4.ilovetranslation.com/ngCnwQwPHal=d/  diakses pada Senin, 15 Mei 2016 pukul 20.04 WIB.

No comments:

Post a Comment

Designed By VungTauZ.Com